5 Alasan Kenapa WhatsApp Web Lebih Nyaman untuk Digunakan Sehari-Hari

Informassa - WhatsApp sudah lama dikenal banyak orang sebagai salah satu aplikasi pesan yang populer. Tak hanya untuk mengirim dan membalas pesan, WhatsApp mampu mengirimkan berbagai dokumen serta melakukan panggilan suara dan video melalui handphone sebagai perangkat utama banyak orang.

Sebagai inovasi, META juga membuat versi lain dari aplikasi ini dengan nama WhatsApp Web. Apakah software ini sama bagusnya dengan aplikasi yang ada di handphone? Yuk, cari tahu mengapa WhatsApp web lebih unggul untuk dipakai sehari-hari.


Ilustrasi WhatsApp Web

Ilustrasi WhatsApp Web

Sumber: Chanty

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah sebuah situs yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp secara daring. Umumnya, software versi satu ini hanya dapat digunakan pada device khusus, seperti laptop dan komputer.


Untuk dapat menggunakannya, Anda diharuskan memindai barcode yang ditampilkan dalam WhatsApp Web menggunakan fitur perangkat tertaut dalam aplikasi WhatsApp di handphone. Hal ini sebagai langkah awal agar dapat mengakses data-data pada aplikasi yang ada pada handphone, baik itu riwayat chat, panggilan, maupun dokumen. 


Artikel Terkait: Persiapkan Ibadah Puasa Kamu dengan Download 5 Aplikasi Android Ini

Fitur-Fitur WhatsApp Web

Inilah fitur-fitur WhatsApp Web yang dapat Anda gunakan.


Pengiriman Pesan

Dari WhatsApp Web, Anda dapat mengirimkan pesan, gambar, video, atau file dokumen kepada beberapa kontak ataupun grup chat yang ada.


Pembuatan dan Pengelolaan Grup

Fitur selanjutnya adalah pembuatan dan pengelolaan grup chat yang memudahkan Anda untuk membuat grup, mengundang kontak ke dalam grup, mengubah nama, mengatur profile picture, hingga mengelola anggota di dalamnya.


Notifikasi Pesan

Fitur pilihan ini akan membantu mengirimkan notifikasi pesan dalam tampilan layar penggunanya apabila tidak sedang membuka WhatsApp Web. Dengan ini, Anda dapat memberikan respons secepat mungkin apabila terdapat pesan baru.


Pengaturan Profil

WhatsApp Web memungkinkan Anda untuk mengedit, mengubah foto profil, serta mengubah status WhatsApp Anda.


Pencarian Pesan

Untuk mencari pesan tertentu secara spesifik, Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang tersedia dalam tampilan utama WhatsApp Web.


Pemakaian Stiker dan Emoji

Seperti halnya pada aplikasi WhatsApp di handphone, Anda juga dapat menggunakan stiker ataupun emoji sebagai penunjang percakapan.


Panggilan Suara

Beberapa versi WhatsApp Web memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara ataupun video seperti halnya pada aplikasi WhatsApp dalam handphone.


Riwayat Pesan

WhatsApp Web dapat memuat beberapa percakapan yang sudah dikirim dan diterima sebelumnya, baik berupa pesan pribadi maupun grup.


Tampilan WhatsApp Web

Gambar Tampilan WhatsApp Web

Sumber: Liputan6.com

Alasan Kenapa WhatsApp Web Lebih Nyaman Digunakan

Inilah keuntungan menggunakan WhatsApp Web dibandingkan menggunakan aplikasi WhatsApp biasa di perangkat seluler:


Kenyamanan Pengguna

Pertama, pengguna WhatsApp Web dapat menggunakan software ini dengan nyaman dari laptop, komputer, atau tablet tanpa perlu menggenggam handphone secara terus menerus. Dengan begitu, WhatsApp Web dapat digunakan sepanjang hari tanpa mengenal lelah. Tak hanya itu, layar di laptop atau komputer juga lebih besar dibandingkan handphone sehingga tampilan WhatsApp Web terlihat jauh lebih besar dan jelas.


Keyboard Lebih Besar dan Nyaman Dipakai

Mengetik pesan juga jauh lebih cepat dan nyaman karena adanya keyboard fisik pada perangkat komputer ataupun laptop. Ukurannya yang lebih besar dibandingkan keyboard virtual dalam handphone juga meminimalisir terjadinya salah ketik ketika menggunakan WhatsApp.


Transfer File yang Mudah dan Penyimpanan Lebih Besar

Selanjutnya, pengiriman file dari komputer atau laptop juga bisa langsung dilakukan tanpa perlu memindahkannya ke handphone terlebih dahulu. Tak hanya itu, laptop atau komputer juga memiliki kapasitas yang lebih besar untuk dapat menyimpan seluruh file dokumen, gambar, dan video yang dikirimkan melalui WhatsApp Web.


Pembaruan Otomatis

Pengguna WhatsApp Web tidak perlu melakukan pembaharuan aplikasi secara teratur mengikuti waktu update. Hal ini disebabkan karena software ini dapat secara otomatis mengikuti versi terakhir yang disediakan oleh pihak WhatsApp.


Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Alasan selanjutnya adalah penggunaan WhatsApp Web diharuskan melakukan autentikasi terlebih dahulu melalui handphone. Dengan begitu, sistem keamanannya cenderung lebih kuat dan adanya akses tidak sah selain pengguna dapat dihindari.


Artikel Terkait: Mengenal Teknologi 5G, Minat Ponsel 5G Tumbuh di Indonesia


Cara Login WhatsApp Web

Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa diikuti untuk login WhatsApp Web di laptop ataupun komputer.


1. Buka link https://web.whatsapp.com/

2. Setelah tampilan barcode di halaman WhatsApp Web muncul, bukalah aplikasi WhatsApp di handphone

3. Tekan simbol titik tiga di kanan atas layar device, kemudian pilih menu Linked Device atau Perangkat Tertaut, lalu klik Link a Device atau Tautkan Perangkat

4. Pindai atau scan barcode yang ada dalam WhatsApp Web menggunakan handphone

5. Tunggu beberapa saat. Jika berhasil, layar laptop atau komputer akan menampilkan riwayat chat WhatsApp yang sama dengan di handphone Anda



Cara Masuk WhatsApp Web dari HP

Ilustrasi Cara Masuk WhatsApp Web dari HP

Sumber: Sitemaya

Cara Masuk WhatsApp Web dari HP

WhatsApp Web tidak hanya diperuntukan untuk pengguna laptop dan komputer saja, karena ternyata software ini juga  dapat diakses melalui browser di handphone.  Berikut ini adalah langkah-langkahnya.


1. Buka link https://web.whatsapp.com/ pada browser di handphone

2. Pilih menu titik tiga yang ada di atas kanan, kemudian tekan opsi desktop site

3. Seperti dalam laptop atau komputer, tunggu hingga muncul tampilan barcode di halaman WhatsApp web

4. Bukalah aplikasi WhatsApp di handphone lainnya

5. Tekan simbol titik tiga di kanan atas layar device, kemudian pilih menu Linked Device atau Perangkat tertaut, lalu klik Link a Device atau Tautkan Perangkat

6. Pindai atau scan barcode yang ada dalam WhatsApp web menggunakan handphone lainnya


Itulah beberapa keuntungan dari penggunaan WhatsApp Web. Dengan menggunakannya, Anda tidak perlu membuka handphone secara terus-terusan untuk menerima dan mengirimkan pesan. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk tetap fokus mengerjakan hal lain yang lebih diprioritaskan.



Editor: Anggun Nuke Arsita

Lebih baru Lebih lama