Mengenal Teknologi 5G, Minat Ponsel 5G Tumbuh di Indonesia

Akhir-akhir ini, banyak produsen smartphone yang menawarkan produk terbaru mereka dengan teknologi 5G. Teknologi 5G merupakan teknologi yang meneruskan 4G. Teknologi 5G sendiri sebenarnya sudah mulai beroperasi secara komersial di seluruh Indonesia sejak tahun 2021. Mari mengenal apa itu teknologi 5G, teknologi 5G di Indonesia, dan rekomendasi ponsel 5G dengan harga terjangkau.

5G
Ilustrasi Teknologi 5G (Pixabay.com/Mohamed_hassan)


Teknologi 5G

Teknologi 5G adalah teknologi terbaru setelah teknologi 4G yang telah beroperasi sejak tahun 2012. Teknologi 5G mulai beroperasi sejak tahun 2020. Dalam teknologi 5G, waktu yang diperlukan untuk komunikasi dipersingkat dan penundaan komunikasi diperbaiki.

Pada 2020, sedikitnya 140 jaringan 5G komersial telah digunakan di 59 negara dan lebih dari 50 persen jaringan itu dibangun oleh Huawei. Pemakaian teknologi 5G sebagai bagian dari proses produksi inti di industri sudah mulai marak pada tahun 2021. Teknologi 5G telah diterapkan di lebih dari 20 industri, termasuk manufaktur, perawatan kesehatan, pendidikan, dan logistik.

Teknologi 5G memiliki beberapa fitur dan manfaat. Fitur dan manfaat 5G yaitu kapasitas besar/kecepatan tinggi sehingga dapat mengkomunikasikan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi, meningkatkan jumlah perangkat yang dapat terhubung secara bersamaan, dan keterlambatan komunikasi berkurang.

Apakah Anda ingin bertransisi ke teknologi 5G? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bertransisi ke 5G. Yang pertama adalah ambil tindakan keamanan penuh dengan menyadari sepenuhnya risiko-risiko keamanan siber dan mengambil tindakan terhadap serangan siber. Penting juga untuk diperhatikan bahwa beberapa perangkat mungkin tidak dapat menggunakan 5G. Selain itu, periksa area yang kompatibel dengan 5G.

Artikel terkait: Kenali 6 Fitur Adobe Firefly Unggulan yang Bisa Anda Coba!

Teknologi 5G di Indonesia

Teknologi 5G mulai beroperasi secara komersial di seluruh Indonesia sejak tahun 2021. Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa penyelenggara telekomunikasi telah melakukan 12 kali uji coba jaringan 5G sepanjang 2017 hingga 2020. Salah satu uji coba dilakukan pada saat perhelatan Asian Games pada 2018. 

Untuk menggunakan teknologi 5G di Indonesia, diperlukan operator seluler dan area yang telah menyediakan layanan 5G. Beberapa operator seluler yang telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk menyediakan layanan 5G secara komersial di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Saat ini, layanan 5G di Indonesia tersedia di beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Batam, Denpasar, dan Balikpapan.

Smartphone 5G di Indonesia

Berdasarkan fitur dan manfaat dari teknologi 5G, maka tidak heran jika minat masyarakat terhadap smartphone 5G terus tumbuh di Indonesia. Akhir-akhir ini, banyak produsen smartphone yang menawarkan produk terbaru mereka dengan teknologi 5G dengan harga yang cukup terjangkau.

Misalnya, OPPO A79 5G dijual dengan harga sekitar 3,8 juta rupiah dengan fitur unggulan RAM 8GB + 8GB, Memori 256GB, 33W SUPERVOOC, Baterai Besar 5000mAh, Dual Stereo Speakers. Samsung Galaxy A15 5G dijual dengan harga sekitar 3,6 juta rupiah dengan fitur layar yang cerah dan detail, desain modern dan simpel, foto dan video jenih, dan performa lancar. realme 12+ 5G dijual dengan harga sekitar 4,2 juta rupiah dengan fitur Kamera Potret Sony LYT-600 OIS, Chipset Dimensity 7050 5G, dan Layar Smooth AMOLED 120Hz.

Poco X5 5G dijual dengan harga sekitar 3,5 juta rupiah dilengkapi dengan fitur layar 120Hz AMOLED, 120Hz refresh rate, sentuhan resolusi super, layar low blue light, desain lightweight, compact tetap bertenaga, baterai 5000mAh (typ), 48MP AI triple kamera lengkap dengan ultra-wide, dan lain-lain. Xiaomi Redmi Note 13 5G dijual dengan harga sekitar 3,2 juta rupiah dilengkapi dengan fitur Triple camera 108 MP super jernih, performa 5G canggih, layar 120 Hz FHD+ AMOLED, pengisian daya cepat 33 W dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, tampilan memukau dengan bezel ultra-tipis, dan speaker kaya dan bertenaga. 

Bagaimana menurutmu? Tertarik beralih ke 5G? Saat ini, teknologi 6G sebagai penerus 5G sedang dalam penelitian dan pengembangan. Teknologi 6G diperkirakan mulai beroperasi pada tahun 2030.

Editor: Tegar Rifqiaulian

Lebih baru Lebih lama