Pasar Properti di China Tidak Menunjukkan Pemulihan di Awal Tahun Baru

Ilustrasi pasar properti China (Sumber: Cato Institute)

Informassa - Pasar properti Tiongkok, yang merupakan tulang punggung ekonomi negara ini, belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang diharapkan di awal tahun baru.

Data terbaru menunjukkan bahwa investasi properti merosot 9% selama periode Januari-Februari, mengindikasikan penurunan yang lebih cepat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut analis dari Capital Economics, koreksi dalam konstruksi properti masih dalam tahap awal. Mereka memperkirakan bahwa konstruksi properti akan mengalami penurunan setengahnya dalam beberapa tahun mendatang, yang berpotensi menarik pertumbuhan ekonomi ke bawah dalam jangka menengah.

Namun demikian, beberapa sektor ekonomi lainnya menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang diapresiasi. Penjualan ritel meningkat 5,5% selama periode Januari-Februari dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedikit di atas perkiraan 5,2% dari jajak pendapat Reuters terhadap para analis.

Artikel Terkait: Inflasi Konsumen China: Apakah Deflasi Berakhir?

Peningkatan tersebut terutama ditopang oleh sektor layanan katering, telekomunikasi, serta industri rokok dan hiburan. Meskipun demikian, masih belum pasti apakah peningkatan ini akan berlanjut.

Menurut Louise Loo, seorang ekonom Tiongkok dari Oxford Economics, konsumen secara sementara digerakkan oleh pengeluaran terkait perayaan di awal tahun, yang menandakan perluasan lebih lanjut dalam perilaku konsumen.

Sementara itu, produksi industri melonjak 7% selama dua bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, melampaui perkiraan pertumbuhan sebesar 5% dari jajak pendapat Reuters.

Artikel Terkait: Saudi Aramco Melaporkan Laba Turun 25% Selama Satu Tahun Penuh

Hal ini sejalan dengan indeks Manajer Pembelian Manufaktur Caixin yang kuat, yang fokus pada perusahaan manufaktur berorientasi ekspor di Tiongkok daratan. Indeks tersebut naik menjadi 50,9 pada bulan Februari, naik dari 50,8 pada bulan Januari, menandai empat bulan berturut-turut ekspansi.

Pertumbuhan dalam produksi pabrik mungkin didorong oleh permintaan ekspor yang kuat. Angka-angka bea cukai terpisah menunjukkan bahwa ekspor Tiongkok melonjak 7,1% selama periode Januari-Februari dari tahun sebelumnya, jauh di atas ekspektasi pasar.

Meskipun demikian, penurunan dalam sektor properti dan lemahnya permintaan domestik menuntut lebih banyak dukungan kebijakan untuk menjaga pertumbuhan.

Dalam konteks ini, Zhiwei Zhang, presiden dan kepala ekonom di Pinpoint Asset Management, menyatakan bahwa meskipun ekspor membantu sebagian mengatasi momentum domestik yang lemah di awal tahun, pemulihan yang berkelanjutan membutuhkan lebih banyak dukungan kebijakan, terutama dari sisi fiskal.

Dengan demikian, sementara beberapa sektor ekonomi menunjukkan tanda-tanda perbaikan, pasar properti Tiongkok tetap menjadi fokus utama yang menuntut tindakan kebijakan yang lebih lanjut untuk memperkuat pemulihan ekonomi negara ini.

Artikel Terkait: Apa itu Ekonomi? (Pengertian, Jenis, Indikator dan Tokoh)

Sumber: CNN

Lebih baru Lebih lama