Persiapkan Ibadah Puasa Kamu dengan Download 5 Aplikasi Android Ini

Ilustrasi Bulan Ramadhan

Ilustrasi Bulan Ramadhan

Sumber: Republika.id


Sekarang sudah mulai memasuki bulan Ramadhan, nih. Sebagai bulan yang penuh berkah, semua akan dianjurkan untuk berlomba-lomba melakukan kebajikan karena pahala yang didapatkan akan berlipat-lipat lebih banyak ketimbang pada bulan biasanya. 


Sejalan dengan itu, beberapa developer aplikasi membuat beberapa aplikasi android untuk membantu kamu mempersiapkan agenda berpuasa secara lebih efisien. Kira-kira, apa saja ya aplikasi penunjang ibadah puasa yang wajib untuk didownload? Yuk simak 5 rekomendasi aplikasinya di bawah ini!


Gambar Aplikasi Muslim Pro

Gambar Aplikasi Muslim Pro

Sumber: ANTARA News

Muslim Pro

Aplikasi android yang pertama adalah Muslim Pro. Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi ini? Tentu ada alasannya mengapa aplikasi ini sangat banyak digunakan. Aplikasi Muslim Pro memiliki segudang manfaat, mulai dari menampilkan waktu adzan, menunjuk arah kiblat, dan memuat al-Qur’an digital dengan 40 bahasa juga di dalamnya. Kamu bahkan bisa mempelajari bagaimana pelafalannya karena terdapat panduan audio dalam bahasa arab.


Tak hanya itu, Muslim Pro juga menyediakan kumpulan doa dalam berbagai kategori, mulai dari doa pagi dan siang, doa ketika haji dan umroh, doa bepergian, doa saat sakit, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menaruh berbagai jenis widgets pada homescreen HP-mu untuk memudahkan mengaksesnya, lho!


Artikel Terkait: Mengenal Teknologi 5G, Minat Ponsel 5G Tumbuh di Indonesia

MyQuran

Selanjutnya adalah aplikasi MyQuran yang memudahkan kamu dalam membaca al-Qur’an dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini menyediakan bacaan al-Qur’an full terjemahan dan latinnya dengan tajwid warna secara lengkap. MyQuran bahkan menyediakan dua pilihan tampilan, bacaan per halaman sesuai versi cetak ataupun per ayatnya.


Tak hanya membaca al-Qur’an, ada banyak opsi kegiatan yang bisa kamu lakukan juga. Kamu bisa membaca-baca konten islami, melihat tanggal melalui kalender hijriah, bahkan menambahkan surat-surat pendek yang sedang dihafalkan. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan fitur tasbih digital dan mencari masjid terdekat melalui aplikasi MyQuran.


Gambar Aplikasi Hitung Zakat Lengkap

Gambar Aplikasi Hitung Zakat Lengkap

Sumber: DROIDOT

Hitung Zakat Lengkap

Saat bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat, terutama zakat fitrah. Untuk menghitung zakat secara presisi, kamu dapat menggunakan aplikasi android satu ini. Aplikasi Hitung Zakat Lengkap akan memudahkan kamu menghitung berbagai jenis zakat, mulai dari zakat fitrah, zakat emas, zakat harta karun, dan masih banyak lagi! Kamu bahkan bisa mempelajari dahulu apa saja syarat wajib menunaikan zakat, apa saja dalil al-Qur’an yang ada terkait zakat, hingga siapa saja yang berkat menjadi penerima zakat.

Dhikr & Dua

Aplikasi android selanjutnya adalah Dhikr & Dua. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini dapat menjadi panduan kamu ketika melakukan dzikir dan berdo’a. Dhikr & Dua memuat sebanyak 400 lebih dzikir dan doa dalam 30 kategori yang bisa kamu gunakan khususnya saat melakukan ibadah puasa. Aplikasi ini juga menyediakan fitur terjemahan, transliterasi, dan audio. Bahkan, kamu dapat membaca artikel relevan terkait dzikir dan doa-doa yang ada didalamnya.

Gambar Aplikasi Cookpad

Gambar Aplikasi Cookpad

Sumber: northlineschool.org

Cookpad

Sering pusing menyiapkan menu takjil dan buka puasa? Mendownload Cookpad sebagai salah satu aplikasi android menjadi pilihan yang tepat. Cookpad bisa membantu kamu dengan menyediakan berbagai inspirasi resep makanan yang bisa kamu pilih. Tidak hanya dari menu-menu yang sedang populer, kamu bahkan bisa mendapatkan resep yang tepat menyesuaikan bahan-bahan seadanya di kulkas.


Artikel Terkait: Semakin Pede Styling Baju dengan Personal Color Test!


Itu dia beberapa aplikasi android yang bisa kamu gunakan. Banyaknya bantuan dari beberapa aplikasi ini akan membantu kamu mempersiapkan ibadah puasa secara lebih efisien, mulai dari pengaturan waktu sholat, doa dan dzikir, hingga memasak makanan berbuka puasa. Akhir kata, selamat menunaikan ibadah puasa bagi kamu yang menjalankannya ya!


Lebih baru Lebih lama