Rekomendasi Menu Buka Puasa bagi Pecinta Jepang!

Gyoza
Gyoza, salah satu makanan Jepang (pixabay.com/PerfectLinks)


Informassa - Apakah Anda pecinta Jepang dan ingin berbuka puasa dengan makanan Jepang? Negara Jepang terkenal dengan berbagai makanan yang bisa menjadi menu berbuka puasa. Apalagi makanan Jepang di Indonesia sudah banyak yang halal. Namun, biasanya makanan Jepang menghabiskan uang yang tidak sedikit. Berikut ini adalah beberapa menu berbuka puasa dengan harga terjangkau bagi pecinta Jepang.

Ramen

Siapa sih yang tidak kenal ramen? Makanan ini merupakan makanan yang populer di kalangan pecinta Jepang. Ramen adalah mi kuah khas Jepang. Kuah ramen bermacam-macam, diantaranya Shio, Shoyu, dan Miso.

Biasanya harga ramen di Indonesia cukup mahal berkisar 40 hingga 60 ribu rupiah. Namun, jika kamu beruntung, beberapa menu Ramen memiliki harga yang terjangkau dan halal. Misalnya, Sumo Ramen dari Gokana Ramen & Teppan dapat dipesan mulai 30 ribu-an. Ada pula menu ramen dari Jigo Ramen yang dapat dipesan dengan harga 27.500 rupiah.

Kalau kamu mau harga yang lebih murah lagi, Ramen Instan adalah pilihannya. Tinggal tambahkan topping seperti telur rebus dan daun bawang, Anda sudah bisa menikmati hidangan ramen enak dan halal dengan harga yang terjangkau di rumah.

Saat ini, banyak produk Ramen Instan halal yang dijual di pasaran seperti produk dari Indomie dan Nissin. Untuk Indomie Premium Collection Japanese Ramen dapat dibeli dengan harga 6 ribu-an. Sementara itu, produk dari Nissin seperti Nissin Ramen Kaldu Ayam ala Jepang dapat dibeli dengan harga 4 ribu-an saja. 

Baca juga: Ngabuburit itu apa? Pengertian dan Sejarahnya

Onigiri

Onigiri atau disebut nasi kepal di Indonesia adalah sebutan untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat membentuk segitiga, bulat, dan lain-lain. Nah, untuk makanan yang satu ini terkenal dengan cara pembuatannya yang praktis serta isinya yang bisa disesuaikan dengan selera. 

Anda bisa membuat onigiri versi Anda sendiri di rumah. Tapi kalau Anda ingin yang praktis dengan harga terjangkau, beberapa swalayan di Indonesia menyediakan onigiri yang bisa Anda beli untuk menu buka puasa. Misalnya, onigiri yang dijual di Indomaret kabarnya dijual dengan harga mulai dari 12 ribu-an saja.

Ketika membeli Onigiri di swalayan, Anda pelu tahu cara membuka bungkus onigiri. Pertama-tama, cari ujung benang plastik (nomor 1) pada ujung atas Onigiri. Lalu, tarik benang plastik ke bawah terus sampai ke belakang. Tangan kiri memegang onigiri dan tangan kanan menarik plastik (nomor 2) perlahan sampai lepas. Putar plastik pembungkus 90° ke arah bawah. Kemudian, masukkan kembali secara terbalik. Tangan kanan memegang onigiri dan tangan kiri menarik plastik (nomor 3) perlahan sampai lepas. Putar plastik pembungkus 90° ke arah bawah. Msukkan kembali secara terbalik dan onigiri siap untuk dinikmati.

Gyoza

Gyoza adalah salah satu jenis dumpling yang berisi daging cincang dan sayuran yang dicincang dan dibungkus dengan kulit pangsit. Gyoza umumnya disajikan sebagai makanan pendamping bukan sebagai makanan utama, misalnya sebagai pendamping ramen.

Ingin makan gyoza halal dengan harga yang terjangkau? Anda bisa beli gyoza beku seperti Fiesta Gyoza dengan harga 27 ribu-an. Cara masak gyoza beku pun cukup mudah. Anda cukup goreng gyoza hingga warnanya coklat keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Bisa juga dengan mengukus gyoza beku dan gyoza siap untuk dinikmati. Gyoza dimakan dengan mencelupkannya ke dalam saus.

Jika ingin makan menu Gyoza restoran, Anda dapat mencari restoran dengan harga terjangkau. Shigeru Sushi menjual menu Gyoza dengan harga 35 ribu. Terdapat tiga varian menu yaitu Gyoza Original, Gyoza Spicy, dan Gyoza Mentai.

Demikian beberapa rekomendasi menu berbuka puasa dengan harga yang terjangkau bagi pecinta Jepang. Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa lebih murah jika sedang ada diskon. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Editor: Tegar Rifqiaulian

Lebih baru Lebih lama