Semakin Pede Styling Baju dengan Personal Color Test!


Ilustrasi Personal Color Test

Ilustrasi Personal Color Test

Sumber: northlineschool.org


Pernah merasa kulitmu terasa kusam ketika memakai baju berwarna putih? Sebaliknya, apakah kulit kamu merasa satu tingkat lebih cerah saat memakai pakaian berwarna earth tone dibandingkan hitam? Bisa jadi, tone kulit kamu memang cuma cocok memakai baju dengan warna-warna tertentu saja!


Mengapa bisa terjadi demikian? Ini disebabkan karena personal color yang dimiliki oleh per individu dapat berbeda. Jika masih belum familiar dengan istilah satu ini, mari kita kenali dahulu apakah yang dimaksud dengan personal color test!

Pengertian Personal Color Test

Personal color test merupakan sebuah cara memilih warna yang paling cocok untuk seseorang berdasarkan penampilan mereka, mulai dari warna kulit, mata, hingga rambut. Melakukan personal color test akan membantu kamu memilih warna pakaian, aksesori, hingga make up seperti apa yang paling cocok untuknya. Dengan begitu, penampilannya akan semakin maksimal.

Artikel Terkait: Godzilla x Kong: The New Empire, Tampilkan Senjata Baru Milik Kong

Apa Saja Jenis-Jenis Personal Color?

Jika kita melihat dari negara Korea Selatan sebagai tempat dikenalnya color analysis, personal color itu umumnya dibagi menjadi empat macam jenis season yaitu spring, autumn, winter, dan summer.


Ilustrasi Jenis Personal Color

Ilustrasi Jenis Personal Color

Sumber: style-yourself-confident.com

  • Spring

Orang dengan tipe season spring umumnya memiliki kulit terang dengan undertone warm serta warna rambut dan mata yang cerah. Warna yang umumnya cocok dengan personal color spring ini contohnya peach, cream, aqua, teal, dan warna-warna cerah lainnya.

  • Autumn

Color palette autumn biasanya memiliki kulit gelap dengan undertone warm serta rambut dan warna mata yang terang. Kumpulan warna smokey dan exotic yang cocok dengan autumn contohnya seperti olive, forest green, salmon, dan dark brown.

  • Winter

Tipe season winter dimiliki oleh orang-orang dengan kulit terang dengan undertone cool yang memiliki rambut serta warna mata gelap. Tipe season yang satu ini sangat cocok mengenakan warna-warna gelap yang kontras seperti black, burgundy, icy pink, dan cobalt blue.

  • Summer

Personal color palette yang terakhir adalah summer. Orang yang memiliki tipe ini cenderung memiliki kulit undertone cool dengan rambut dan warna mata yang gelap. Sementara itu, warna yang cocok dengan season ini cenderung bersifat colorful dan clear seperti mint, lavender, navy, dan sky blue.

Cara Melakukan Personal Color Test

Personal color test sangat mudah dilakukan, lho! Saat ini sudah ada banyak jasa-jasa yang menawarkan bantuan para ahli untuk menganalisis personal color yang cocok untukmu. Kamu hanya perlu melakukan reservasi di hari sebelumnya, kemudian mereka akan menganalisis undertone dan kontras kulit, seasonal color, hingga pada akhirnya menentukan warna apa saja yang cocok di kulitmu.


Walaupun hasilnya bisa kamu bawa pulang dan bisa digunakan seumur hidup, biaya jasa personal color test ini masih kurang affordable bagi beberapa kalangan. Namun, tak perlu khawatir! Kamu bisa melakukan tes ini sendiri melalui website-website, aplikasi, maupun filter di sosial media TikTok maupun Instagram.

Ilustrasi Filter Personal Color
Ilustrasi Filter Personal Color

Sumber: reddit.com

Manfaat Melakukan Personal Color Test

Kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan personal color test? Berikut inilah manfaat-manfaat yang dimaksud!

  • Meningkatkan Pengetahuan terhadap Warna-Warna

Personal color test akan membantu kamu untuk memahami mana saja color palette yang sekiranya paling cocok dipakai di tone kulitmu. Dengan begini kamu akan terhindar dari warna-warna yang akan membuat kulitmu terlihat kusam sehingga akan tampak lebih cerah.

  • Memilih Warna Apa Saja yang Cocok

Mengetahui apa saja warna yang sesuai dengan dirimu akan membantu memilih warna baju, aksesoris, rambut, dan make up mana yang cocok untuk digunakan sehari-hari. Terlihat maksimal saat memilih gaya berpakaian akan membuat rasa pedemu semakin meningkat di hadapan orang lain!

  • Proses Pemilihan Pakaian Jauh Lebih Mudah

Tidak perlu lagi kesusahan memilih warna baju apa yang sebaiknya dipakai! Mengetahui apa personal color sejatimu akan mengurangi ketakutan andaikan warna baju yang dipilih kurang pop out di kulitmu. Kamu juga dapat mengurangi keinginan membeli baju ataupun aksesoris dengan color palette yang kurang cocok, lho!

  • Meningkatkan Kualitas Foto

Tak hanya dalam gaya berbusana sehari-hari, personal color test juga membantu di bidang fotografi. Pemilihan skema warna akan jauh lebih tepat jika menyesuaikan dengan warna-warna yang cocok dengan kulit dan rambut yang dimiliki para model. Hal ini akan membuat kualitas dan estetika gambar yang dihasilkan akan meningkat.

  • Memilih Warna Make Up yang Sesuai

Terakhir, melakukan personal color test dapat membantu menemukan warna make up yang cocok untuk kamu. Walaupun bisa hanya ditentukan dengan undertone dan skintone kamu saja, beberapa website dan aplikasi bahkan mencantumkan langsung nama produk dan warna yang sesuai sesuai brand make up yang kamu gunakan. Memakai warna make up yang cocok pasti akan membuatmu tampil semakin mempesona di hadapan banyak orang!


Artikel Terkait: Awali Maret 2024 dengan Rekomendasi Film Anime Populer

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai personal color test. Tidak hanya memudahkan kamu memilih warna, penampilan dan rasa percaya dirimu akan meningkat seiringan waktu.  Semoga dengan mengetahui personal color test ini kamu bisa lebih mahir menata penampilan sesuai dengan color palettemu masing-masing ya!

Lebih baru Lebih lama