Yuk Kita Intip Nama-Nama Para Aktor Pemenang Piala Oscar 2024!

Acara Piala Oscar 2024

Gambar Acara Piala Oscar 2024

Sumber: Antaranews.com


Informassa - Pada tanggal 10 Maret 2024 lalu acara Piala Oscar ke-96 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa acara ini adalah sebuah ajang penghargaan film dari Amerika yang sangat bergengsi. Acara ini selalu membawa kehebohan dan menjadi bahan perbincangan di beberapa platform termasuk Instagram, Twitter, serta sejumlah kanal berita lokal. 


Buat kamu yang masih belum familiar dengan piala Oscar, simak penjelasannya pada artikel berikut ini!


Apa Itu Piala Oscar: Kenali Definisi dan Sejarahnya

Piala Oscar merupakan nama sebuah piala dari sebuah ajang penghargaan dalam industri film dari Amerika. Sebenarnya, nama dari acara penghargaannya sendiri adalah academy award. Lalu mengapa bisa dikenal sebagai Oscar? Oscar merupakan sebuah julukan dari salinan patung Academy Award of Merit yang berbentuk seperti barisan prajurit yang sedang berdiri di depan gulungan film sembari memegang sebuah pedang.


Acara Academy Awards pertama kali digelar pada bulan Mei tahun 1929 silam di Mayfair Hotel. Mulanya, acara ini hanya bersifat pribadi, tidak disiarkan di manapun, dan hanya berlangsung selama 15 menit. Akan tetapi, hal ini diubah pada tahun 1930 dan data pemenang penghargaan ini pada akhirnya diterbitkan di surat kabar pada jam 23.00 saat malam pemberian piala Oscar tersebut. 


Piala Oscar

Gambar Piala Oscar

Sumber: most1058fm.com

Kategori-Kategori Pemenang Piala Oscar 2024

Academy Awards menyediakan sebanyak delapan kategori utama pemenang Piala Oscar, yaitu bidang produksi, akting, produksi teknis, musik, suara, kostum dan tata rias, animasi, serta dokumenter. Berikut ini adalah kategori-kategori secara lebih lengkapnya.

Produksi

1. Film terbaik

2. Sutradara terbaik

3. Skenario asli terbaik

4. Skenario adaptasi terbaik

Akting

1. Aktor terbaik

2. Aktris terbaik

3. Aktor pendukung terbaik

4. Aktris pendukung terbaik

Produksi Teknis

1. Tata artistik terbaik

2. Sinematografi terbaik

3. Penyuntingan terbaik

4. Efek visual terbaik

Musik

1. Musik orisinal terbaik

2. Lagu orisinal terbaik

Suara

1. Tata suara terbaik

2. Penyuntingan suara terbaik

Kostum dan Tata Rias

1. Desain kostum terbaik

2. Tata rias terbaik

Animasi

1. Film animasi terbaik

2. Film animasi pendek terbaik

Dokumenter

1. Film dokumenter terbaik

2. Film dokumenter pendek terbaik


Artikel Terkait : Ghostbusters: Frozen Empires, Visualisasikan Kengerian Kekuatan Es Sang Hantu.

Sejumlah Aktor Pemenang Piala Oscar 2024

Dari kategori-kategori pemenang piala Oscar 2024 di atas, kita bisa lihat bahwa terdapat empat jenis pemenang dari kategori akting. Siapa sajakah aktor-aktor yang dimaksud ini? Mari kenali lebih lanjut dengan membaca biografi singkat mereka.


Aktor Pemenang Piala Oscar 2024
Kumpulan Aktor Pemenang Piala Oscar 2024 Sumber: diarioblu.com

Cilian Murphy

Pemenang piala Oscar 2024 yang pertama adalah Cilian Murphy. Ia memenangkan penghargaan piala Oscar sebagai best actor in a leading role karena memegang peran utama film Oppenheimer sebagai J. Robert Oppenheimer, seorang ilmuwan perintis senjata atom. Aktor yang berasal dari Irlandia ini juga mengaku bahwa proses pembuatan film tersebut membuatnya sangat puas selama 20 tahun terakhir ini. Film-film lainnya yang pernah Murphy bintangi, yaitu A Quiet Place Part II, Dunkirk, Inception, dan The Dark Knight.

Emma Stone

Berlanjut ke best actress in a leading role, ada Emma Stone yang berperan sebagai Bella Baxter di film Poor Things. Uniknya, ini merupakan kemenangan keduanya setelah memenangkan kategori penghargaan serupa lewat La La Land dalam acara Piala Oscar 2017. Pemeran Bella Baxter ini bahkan sempat mengaku bahwa karakter tersebut merupakan salah satu karakter favoritnya. Tak hanya Poor Things, Stone pernah berperan sebagai karakter utama di film Crazy, Stupid, Love dan Cruella.

Robert Downey Jr

Siapa sih yang gak kenal dengan Robert Downey Jr? Aktor superhero Iron Man dari film produksi Marvel ini berhasil memenangkan piala sebagai best actor in a supporting role dalam film Oppenheimer, lho! Dalam film tersebut, ia mengambil peran sebagai Lewis Strauss, seorang pengusaha Amerika yang menjabat sebagai ketua Komisi AEC dalam dua periode.


Memerankan karakter Tony Stark atau Iron Man selama satu dekade ternyata tidak menghalanginya untuk menyatakan bahwa film Oppenheimer adalah film terbaik yang pernah ia bintangi. Baginya, film tersebut menyajikan lebih dari apa yang diekspektasikan penonton, bahkan untuk dirinya sendiri sebagai pemain.

Da’vine Joy Randolph

Aktor pemenang piala Oscar tahun ini yang terakhir adalah Da’vine Joy Randolph. Ia dinyatakan sebagai pemenang kategori best actress in a supporting role berkat perannya sebagai Mary Lamb dalam film The Holdovers. Dalam pidato kemenangannya, Randolph ini bahkan mengaku tidak pernah berniat berkarir menjadi aktor pada awalnya sebelum mendapatkan dorongan dari ibu kandungnya. 


Aktor asal Amerika ini juga mengucapkan banyak terima kasih untuk pelatihnya yang terus memotivasi dan banyak memberikan pelajaran berharga untuknya sebagai satu-satunya gadis kulit hitam di kelas. Film-film lain yang dibintangi Randolph adalah The Lost City, Rustin, dan Dolemite Is My Name.


Artikel Terkait : Godzilla x Kong: The New Empire, Tampilkan Senjata Baru Milik Kong


Itulah sedikit bahasan mengenai para aktor pemenang Piala Oscar 2024 kemarin. Selain aktor-aktor tersebut, masih banyak lagi nominasi film yang diumumkan pada acara yang berlangsung pada 10 Maret kemarin. Untuk sementara ini, konten nominasi Oscar 2024 hanya bisa ditonton melalui channel Youtube ABC News dengan tautan berikut ini.


Jika kamu penasaran seperti apa kira-kira kepiawaian akting aktor-aktor ini, saksikan film Oppenheimer, Poor Things, dan The Holdovers pada platform streaming film kesayanganmu, ya!


Editor: Anggun Nuke Arsita

Lebih baru Lebih lama