7 Rekomendasi Jajanan Lebaran Asin, Cocok untuk Stok di Rumah!


Masih bingung ingin menyuguhkan apa untuk tamu saat lebaran nanti? Ada aneka kue-kue manis ataupun camilan asin yang bisa menjadi suguhan untuk para tamu saat lebaran. Jika kesulitan untuk memilihnya, berikut adalah lima rekomendasi jajanan lebaran asin yang bisa menjadi pilihan utama kamu!


Gambar Jajanan Lebaran Asin

Gambar Jajanan Lebaran Asin

Sumber: Siplah Toko Ladang


Stik Balado

Jajanan lebaran asin pertama yang tidak bisa dilewatkan adalah stik balado. Jajanan berbahan dasar tepung-tepungan ini dibentuk menyerupai stik sebelum akhirnya digoreng di api yang panas. 


Sebagai perasa, stik ini lalu diberikan bumbu-bumbu tabur seperti balado, keju, sapi panggang, ataupun jagung bakar. Stik balado ini juga sering digemari oleh kalangan remaja dan anak-anak karena rasanya yang bikin nagih.


Sumpia Mini

Pernah mendengar sumpia sebagai salah satu makanan tradisional? Jenis jajanan lebaran satu ini terbuat dari kulit lumpia dengan berbagai macam isian, misalnya abon; udang rebon; ataupun ebi.


Selain cara pembuatannya yang mudah, ukurannya yang kecil membuat jajanan lebaran ini lebih mudah untuk dikonsumsi. Kamu bahkan bisa menambahkan saus kesukaanmu juga sebagai cocolannya!


Artikel Terkait: Banyak Variasi, Berikut 7 Rekomendasi Parsel Lebaran

Keripik Singkong Balado

Seperti stik balado, keripik singkong balado juga menjadi jajanan lebaran asin pilihan banyak orang. Cemilan ini dibuat dari singkong yang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga mengering. Sebagai pilihan, kamu bisa mengganti taburan perasa bumbu balado dengan aneka rasa lainnya seperti keju.


Gambar Telur Gabus Keju

Gambar Telur Gabus Keju

Sumber: Resep Masakan Keluarga Rina


Telur Gabus Keju

Telur gabus adalah salah satu jenis kue yang dominan dengan rasa asin dari keju sebagai bahan bakunya. Berbeda dengan kue pada umumnya, adonan telur gabus ini diolah dengan cara digoreng dengan minyak panas. Buat kamu si pecinta keju, cobain deh jajanan lebaran asin satu ini!


Kue Bawang

Jajanan yang kelima adalah kue bawang. Cemilan satu ini cukup unik karena menggunakan bawang-bawangan sebagai bahan utama pembuat kue. Teksturnya yang gurih dan renyah membuatnya sangat cocok dinikmati untuk menemani momen lebaran kamu.


Artikel Terkait: Resep Sambal Kacang Pelengkap Takjil, Cocol Sambel Kacang Makin Enak!


Marning Jagung

Selanjutnya ada marning jagung yang merupakan cemilan asal daerah Jawa Tengah. Cemilan ini berbahan dasar butiran jagung berkualitas yang dijemur, diberi bumbu tabur, dan digoreng. Pembuatan cemilan ini cukup memakan waktu, namun kamu juga bisa membelinya secara grosir.


Gambar Keripik Tempe

Gambar Keripik Tempe

Sumber: Popbela


Keripik Tempe

Rekomendasi jajanan lebaran asin yang terakhir adalah keripik tempe. Cemilan ini mayoritas disukai oleh kalangan orang lebih tua. Berbahan dasar tempe yang mudah dicari, keripik tempe ini rasanya gurih dan renyah. Keripik tempe juga bisa dibuat kekinian dengan menggunakan bumbu tabur aneka rasa, sehingga lebih disukai anak-anak.


Itulah beberapa rekomendasi jajanan lebaran asin yang bisa kamu coba. Ingin tertarik coba  yang mana? Semoga artikel ini membantu kamu memilih jajanan asin yang cocok untuk lebaran!

Lebih baru Lebih lama