Ini Lho 3 Cara ke Ragunan Naik Transportasi Umum: KRL, MRT, dan Transjakarta


Informassa - Banyaknya destinasi wisata di sekitar Jakarta menjadikan kita sering dibingungkan untuk memilih tempat hiburan mana yang akan dikunjungi. Sebagai salah satu tempat wisata outdoor, kamu dapat memilih Taman Margasatwa Ragunan untuk tempat pelepas penat sementara.


Sebagai sebuah taman wisata terbesar di Jakarta, Ragunan merupakan sebuah taman yang terletak di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ragunan berperan sebagai taman wisata dan konservasi yang dikelola dengan pengawasan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. 


Taman ini mampu menampung sebanyak 1.500 binatang dan 300 jenis tanaman sehingga terhitung sangat lengkap dan menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Ragunan juga menyediakan kelengkapan fasilitas yang memudahkan pengunjungnya, mulai dari restoran, toko souvenir, dan area bermain anak-anak.

Taman Margasatwa Ragunan

Gambar Taman Margasatwa Ragunan

Sumber: Travel Kompas

Syarat-Syarat Masuk Ragunan

Sebelum memasuki taman Ragunan, perhatikanlah beberapa syarat berikut ini:

Memiliki Jakcard

Kamu harus memiliki Jakcard sebagai salah satu alat untuk melakukan transaksi non-tunai. Jika belum memilikinya, kamu dapat membelinya langsung di loket pendaftaran yang ada di Ragunan. 


Kartu ini juga dapat digunakan di beberapa tempat wisata lainnya seperti Monumen Nasional, Museum Kota Tua, hingga alat pembayaran Transjakarta.

Masuk Melalui Pintu Elektronik/Gate

Saat hendak melewati pintu elektronik/gate Ragunan, tempelkan Jakcard dengan saldo yang cukup pada sensor mesin yang tersedia.

Kapasitas Maksimal Pengunjung

Kapasitas maksimal pengunjung Ragunan adalah sebesar 75%.

Waktu Operasional

Kapan jam buka Ragunan? Waktu operasionalnya adalah pada hari Selasa-Minggu, pukul 07.00-14.30 WIB.

Harga Tiket Ragunan

Tiket ragunan untuk anak-anak dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah, sementara harga tiket untuk dewasa hanya sebesar 4.000 rupiah saja.


Lalu, bagaimana cara ke Ragunan naik kendaraan umum? Berdasarkan beberapa sumber informasi, berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:


Artikel Terkait: 7 Rekomendasi Jajanan Lebaran Asin, Cocok untuk Stok di Rumah!

Cara ke Ragunan Naik KRL

Untuk menuju ke Ragunan dengan KRL, naiklah kereta yang mengarah ke tujuan akhir Bogor atau Depok. Kamu bisa memulai perjalanan langsung dari Jakarta Kota ke arah Tanjung Barat atau transit terlebih dahulu ke Stasiun Manggarai, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Bogor atau Depok.


Setelah turun di stasiun akhir Tanjung Barat, lanjutkan perjalanan dengan ojek online menuju pintu barat Ragunan.

Cara ke Ragunan Naik TransJakarta

Cara kedua untuk mau ke Ragunan adalah menggunakan TransJakarta, bus khusus yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Ada beberapa pilihan koridor bus yang bisa kamu pakai, seperti koridor 4H, 6, 6A, 6B, dan 13D. Pastikan kamu menaiki bus tersebut dan turun di halte Ragunan sebagai tujuan akhirnya.

Cara ke Ragunan Naik MRT

Cara ke Ragunan terakhir yaitu menggunakan MRT. Mulailah perjalanan dari stasiun MRT terdekat dengan tujuan Stasiun MRT Fatmawati. Setelah itu, pesanlah ojek online untuk menuju ke Taman Margasatwa Ragunan.


Kartu Jakcard

Gambar Kartu Jakcard

Sumber: Kompas Money

Tiket Masuk Ragunan

Seperti yang ditulis di atas, setiap pengunjung Taman Margasatwa Ragunan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk ini dapat berupa sebuah kartu Jakcard dengan saldo yang cukup untuk dapat di-scan langsung pada gate Ragunan yang berfungsi. 


Selain itu, kamu juga dapat melakukan pembelian online melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Play Store atau App Store. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Unduh Aplikasi

Unduh Aplikasi Resmi Taman Margasatwa Ragunan melalui Playstore ataupun Appstore yang ada pada handphone kamu

Buat Akun

Buatlah akun baru, lalu pesanlah tiket dengan klik opsi "Beli Tiket"

Isi Data Diri

Isilah semua kolom yang diperlukan untuk data diri secara lengkap dan jujur

Isi Kode OTP

Mintalah kode OTP untuk dikirimkan ke perangkatmu. Masukan kode tersebut sebagai cara untuk verifikasi kebenaran data Anda

Beli Tiket

Lalu, kembali ke menu utama dan klik "Beli Tiket". Pilihlah tanggal kunjungan, isi jumlah tiket, dan tiket jenis kendaraan yang akan digunakan

Baca Informasi Lengkap

Bacalah baik-baik informasi secara lengkap sebelum memilih metode pembayaran, lalu pilih opsi "Lanjut"

Pilih Metode Pembayaran

Aplikasi ini menyediakan metode pembayaran melalui virtual account atau QRIS Bank DKI

Tiket Masuk

Setelah pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan barcode untuk memasuki kawasan Taman Margasatwa Ragunan


Artikel Terkait: Jadwal Mudik Lebaran 2024: One Way, Ganjil Genap, dan Contra Flow


Lebih baru Lebih lama