Raih Trofi Pertama Setelah 8 Hari Debut, ILLIT Pimpin Gen 5 K-Pop?

ILLIT sukses meluncurkan debut mereka di industri musik Korea Selatan lewat mini album Super Real Me dengan lagu utama “Magnetic” pada 25 Maret 2024. Mengusung genre pluggnb yang unik, title track mereka sukses menarik atensi publik dan penggemar K-Pop dari seluruh dunia.

Sederet rekor di chart musik lokal dan internasional pun berhasil dipecahkan oleh grup bungsu dari HYBE LABELS ini. Bukan tanpa alasan, debut ILLIT memang sudah cukup lama dinantikan oleh para fans di Korea Selatan dan internasional. Grup beranggotakan lima member ini merupakan jebolan R U Next, survival show besutan HYBE LABELS yang ditayangkan di saluran televisi JTBC.

Tak heran kalau debut kelima member berbakat ini sudah ditunggu-tunggu oleh para fans, terutama bagi mereka yang mengikuti acara R U Next dari awal. Selain terbentuk oleh label besar, ILLIT juga meraup perhatian karena debut di BELIFT LAB, agensi yang menaungi boy group ENHYPEN.

ILLIT Hadapi Masalah dan Kebencian Sebelum Debut

Sumber: Kpop Chart
     

Sama seperti ILLIT, karier ENHYPEN juga dimulai dari survival show I-LAND yang dibentuk oleh BELIFT LAB pada tahun 2020. Akan tetapi, nasib ILLIT sedikit berbeda karena mereka harus kehilangan satu member menjelang official debut.

Lee Youngseo yang meraih posisi dua pada final R U Next tiba-tiba mengakhiri kontrak eksklusif dengan BELIFT LAB dan meninggalkan grup. Berita hengkangnya Youngseo makin mengejutkan karena ILLIT tengah mempersiapkan debut mereka. Melalui pengumuman resmi yang disampaikan oleh agensi, Youngseo resmi keluar pada tanggal 5 Januari 2024. Hingga saat ini belum diketahui alasan  Youngseo memutuskan keluar dari grup yang sudah membesarkan namanya.

Menyusul berita buruk ini, ILLIT kembali mendapat sorotan dari K-Netz dan fans internasional. Publik dan fans sangat menyayangkan kejadian ini, terutama karena Youngseo dikenal sangat berbakat sehingga berpotensi menjadi ace grup.

Komentar negatif dan hujatan pun bermunculan dari berbagai arah. Akan tetapi, masa-masa sulit ini berhasil dilewati oleh lima member yang tersisa. Tentu saja hal ini bisa terjadi berkat dukungan dan kekompakan dari semua fans yang setia menunggu. Kini Wonhee, Minju, Iroha, Moka, dan Yunah sukses melangsungkan debut mereka.

Rekor dan Prestasi Debut “Magnetic” ILLIT

Lagu utama “Magnetic” mendapat sambutan positif dari K-Netz dan penggemar K-Pop di seluruh dunia. Liriknya menceritakan perasaan jatuh cinta di masa muda yang penuh kesan manis dan menyegarkan. Selain liriknya yang manis, dinamika nadanya pun sangat candu dan unik.

Tak heran kalau dalam waktu singkat, “Magnetic” berhasil merangkak naik ke posisi 4 dalam Global Apple Music Chart. Lagu ini juga sukses mencetak debut di posisi 14 pada Global Spotify Chart dan meraup lebih dari tiga juta streaming.

Lagu “Magnetic” juga menuai prestasi yang mengesankan di Korea Selatan, lho. Pada 4 April 2024, lagu ini sukses merebut posisi pertama pada chart MelOn TOP 100. ILLIT resmi menggeser posisi (G)I-dle dan menjadi grup gen 5 pertama yang memuncaki MelOn.

Sebagai platform musik terbesar di Korea Selatan, chart TOP 100 MelOn dikenal sulit ditembus, terutama karena ada banyak grup idol dan solois yang memegang julukan “digital monster”. Berkat pencapaian ini, ILLIT mendapat banyak cinta dari publik Korea Selatan dan internasional, bahkan dance pada bagian reff lagunya sampai viral, lho.

Tarian yang menonjolkan fingering atau kecepatan jari itu mulai dijadikan challenge oleh warganet. Tak sedikit fans K-Pop yang merasa dance utama lagu “Magnetic” terlalu sulit dan menantang. Dance yang viral ini membawa keberuntungan bagi ILLIT karena lagu mereka makin digemari hingga mampu menembus tangga lagu Billboard.

Lagu “Magnetic” memulai debut di Billboard melalui chart Global 200 di posisi 63 dan posisi 33 untuk Global Chart Excl US. Mini album Super Real Me ILLIT juga menorehkan prestasi sensasional dalam dua kategori Billboard, yaitu World Albums dengan peringkat 10 dan Heatseekers Albums dengan peringkat 15.

Prestasi debut ILLIT makin memukau saat mereka berhasil membawa pulang trofi first win di The Show pada 2 April 2024, tepat delapan hari setelah debut mereka. Kemenangan di acara musik ini mencetak rekor baru bagi ILLIT. Tak heran kalau girl group ini disebut-sebut akan memimpin gen 5 K-Pop, yaitu generasi baru bagi grup-grup idola.

Hmm, apakah ILLIT bisa mengamankan gelar ini? Mari kita tunggu karya-karya ILLIT selanjutnya, ya.

Lebih baru Lebih lama