Pendaftaran PENMABA UNJ Tahun 2024 untuk Sarjana dan Diploma Dibuka

Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Jakarta (unj.ac.id)


Informassa - PENMABA UNJ merupakan penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Universitas Negeri Jakarta. Menurut situs resmi, PENMABA UNJ tahun 2024 memiliki proses seleksi berbagai jalur yang terdiri dari 114 Program Studi di 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

Jalur masuk untuk Sarjana dan Diploma di Universitas Negeri Jakarta dapat melalui jalur masuk nasional yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jalur masuk mandiri yaitu PENMABA Mandiri UNJ. PENMABA Mandiri UNJ Tahun 2024 memiliki beberapa jalur penerimaan yaitu PENMABA Rapor, PENMABA Nilai UTBK-SNBT, PENMABA Prestasi Lomba, PENMABA Prestasi Non-Lomba, PENMABA Disabilitas, PENMABA Mandiri Ujian Tulis, dan PENMABA Kelas Internasional. 

Baca jugaFakta Menarik Single Terbaru JKT48 Berjudul Magic Hour

PENMABA Mandiri Ujian Tulis

PENMABA Mandiri Ujian Tulis adalah seleksi calon mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta melalui ujian tulis. Ketentuan umum PENMABA Mandiri Ujian Tulis yaitu hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat tiga tahun terakhir, ujian tulis menggunakan komputer, peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan, dan peserta dibolehkan memilih maksimal 2 program studi dan boleh lintas minat.

Pendaftaran PENMABA Mandiri Ujian Tulis dilaksanakan pada 22 Mei – 28 Juni 2024. Ujian Tulis PENMABA Gelombang I dilaksanakan pada 8 – 12 Juli 2024. Ujian Tulis PENMABA Gelombang II dilaksanakan pada 15 – 19 Jui 2024. Ujian Keterampilan dilaksanakan pada 13 Juli 2024. Pengumuman dilaksanakan pada 25 Juli 2024.

Untuk mengikuti PENMABA Mandiri Ujian Tulis, peserta perlu membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan nomor telepon yang benar dan aktif. Masuk di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah di daftarkan sebelumnya.

Pilih program studi sesuai dengan yang diinginkan. Terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus dibayar. Peserta dapat mengubah pilihan-pilihan tersebut sampai yakin dengan pilihannya. Jika sudah yakin, peserta dapat menekan tombol simpan. Setelah menekan tombol simpan, peserta tidak dapat mengubah pilihan program studi dan masuk ke tahapan selanjutnya.

Setelah itu, peserta akan mencetak tagihan. Peserta akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Harap diperhatikan, setelah mencetak tagihan, peserta akan diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika tidak melakukan pembayaran, peserta diharuskan untuk melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.

Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout. Setelah itu, peserta membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller, ATM, atau Internet Banking BNI/Mandiri/BTN.

Setelah melakukan pembayaran, masuk di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya. Isi data diri, orang tua dan sekolah, mengunggah foto, lalu pilih lokasi ujian. Terakhir, peserta mencetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ.

PENMABA Rapor

PENMABA Jalur Rapor adalah seleksi calon mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta menggunakan nilai Rapor dan tanpa tes. Pendaftaran dilaksanakan pada 5 April – 31 Mei 2024. Pengumuman dilaksanakan pada 18 Juni 2024.

Ketentuan umum PENMABA Rapor yaitu Lulusan SMA/Sederajat tahun 2024 yang belum lulus SNBP atau SNBT Tahun 2024, Peserta merupakan Siswa Eligible yang belum diterima pada SNBP Tahun 2024, Apabila Peserta PENMABA Jalur Rapor diterima dan daftar ulang pada UTBK-SNBT Tahun 2024 maka kelulusan pada PENMABA Jalur Rapor akan dibatalkan, dan Penilaian penmaba mandiri UNJ tidak mempertimbangkan besaran uang Iuran Pengembangan Institusi  (IPI) yang diberikan oleh peserta. Setiap Peserta PENMABA Jalur Portofolio Akademik Rapor tahun 2024 hanya dapat memilih dua pilihan program studi baik Sarjana (S-1) maupun Sarjana Terapan (D-4).

PENMABA Jalur Nilai UTBK

PENMABA Jalur Nilai UTBK adalah seleksi calon mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta menggunakan nilai UTBK-SNBT tahun 2024. Pendaftaran dilaksanakan pada 13 – 28 Juni 2024. Pengumuman Seleksi dilaksanakan pada 3 Juli 2024.

Ketentuan umum PENMABA Jalur Nilai UTBK yaitu Warga Negara Indonesia, Lulusan SMA/Sederajat atau Lulusan Paket C tahun 2022, 2023, dan 2024 dengan maksimal usia 25 Tahun (per 1 Juli 2024) yang mengikuti UTBK-SNBT Tahun 2024, Peserta tidak diterima di PTN manapun pada UTBK SNBT 2024 maupun SNBP 2024, dan Penilaian penmaba mandiri UNJ tidak mempertimbangkan besaran uang Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang diberikan oleh peserta. Setiap Peserta PENMABA Jalur Nilai UTBK-SNBT tahun 2024 hanya dapat memilih satu pilihan program studi baik Sarjana (S-1) maupun Sarjana Terapan (D-4).

PENMABA Jalur Prestasi Lomba

Jalur Prestasi Lomba adalah jalur bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi luar biasa pada tingkat nasional atau internasional yang dinilai oleh tim pakar dalam bidang tertentu untuk diterima sebagai mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Pendaftaran dilaksanakan pada 2 – 31 Mei 2024. Pengumuman Kelulusan Portofolio dilaksanakan pada 7 Juni 2024. Pelaksanaan Unjuk Kerja dan Wawancara dilaksanakan pada 11 Juni 2024. Pengumuman Akhir dilaksanakan pada 15 Juni 2024.

Ketentuan umum PENMABA Jalur Prestasi Lomba yaitu Peserta hanya diperbolehkan memilih satu program studi, Program studi yang dipilih tidak harus sesuai dengan prestasi yang dimiliki, Peserta diminta untuk menandatangani kesanggupan untuk tetap melanjutkan prestasi yang pernah diraih dibawah pembinaan bidang kemahasiswaan UNJ, UNJ memberikan beasiswa berupa pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama dua semester bagi peserta yang diterima melalui jalur prestasi, dan Peserta merupakan siswa lulusan SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2024. Jenis prestasi dapat berupa Bidang Saintek, Bidang Sosial Humaniora, Bidang Seni & Sastra, Bidang Olahraga dan Bidang Musabaqah. Lingkup prestasi dapat berupa prestasi nasional dan internasional.

PENMABA Jalur Prestasi Non-Lomba

PENMABA Jalur Prestasi Non-Lomba adalah jalur bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi luar biasa pada tingkat nasional atau internasional dalam bidang kepempinan dan keagamaan. Pendaftaran dilaksanakan pada 2 – 31 Mei 2024. Pengumuman Kelulusan Portofolio dilaksanakan pada 7 Juni 2024. Pelaksanaan Unjuk Kerja dan Wawancara dilaksanakan pada 11 Juni 2024. Pengumuman Akhir dilaksanakan pada 15 Juni 2024.

Peserta hanya diperbolehkan memilih satu program studi. Program studi yang dipilih tidak harus sesuai dengan prestasi yang dimiliki. Peserta diminta untuk menandatangani kesanggupan untuk tetap melanjutkan prestasi yang pernah diraih dibawah pembinaan bidang kemahasiswaan UNJ. UNJ memberikan beasiswa berupa pembebasan UKT selama dua semester bagi peserta yang diterima melalui jalur prestasi, dan Peserta merupakan siswa lulusan SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2024. Lingkup prestasi dapat berupa Prestasi Kepemimpinan Pramuka, Prestasi Kepemimpinan OSIS/MPK, dan Prestasi Keagamaan.

PENMABA Mandiri Disabilitas untuk jenjang D4/S1 dan dijadwalkan segera dibuka. PENMABA Mandiri Mahasiswa Asing (WNA) untuk jenjang S3/S2/S1/D4 dan dijadwalkan segera dibuka. PENMABA Mandiri IUP / Kelas Internasional untuk jenjang S1 dan dijadwalkan segera dibuka. PENMABA Mandiri Rekognsi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk S3/S2/S1/D4 dan belum dibuka. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi situs PENMABA UNJ dan Portal PENMABA UNJ.

Lebih baru Lebih lama