Tim Nasional Jepang U-23 Menjuarai Piala Asia U-23 AFC 2024

Tim Nasional Jepang U-23
Tim Nasional Jepang U-23 (Twitter.com/jfa_samuraiblue)


Tim nasional Jepang U-23 berhasil menjuarai Piala Asia U-23 AFC 2024. Mereka mengalahkan tim nasional Uzbekistan U-23 dengan skor 1-0 di partai final yang diselenggarakan di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar pada 3 Mei 2024. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai kemenangan Jepang atas Uzbekistan di Piala Asia U-23 AFC 2024.

Kemenangan Kedua bagi Jepang

Jepang berhasil menjuarai Piala Asia U-23 AFC 2024 setelah mengalahkan Uzbekistan. Jepang lolos ke partai final setelah berhasil mengalahkan Irak dengan skor 2-0 pada babak semifinal. Skor yang sama juga diraih Uzbekistan ketika berhasil mengalahkan Timnas U-23 Indonesia.

Kemenangan Jepang atas Uzbekistan di partai final menjadi kemenangan kedua bagi Jepang yang meraih juara Piala Asia U-23. Sebelumnya, Jepang pernah menjuarai Piala Asia U-23 AFC 2016 setelah mengalahkan Korea Selatan. Hal ini membuat Jepang menjadi negara pertama yang mampu dua kali menjadi juara di ajang Piala Asia U-23 AFC. Selain itu, kedua kemenangan tersebut diraih oleh tim nasional Jepang ketika Qatar menjadi tuan rumah.

Tim nasional Jepang dan Uzbekistan telah mengamankan tempat Asia di Olimpiade Paris 2024 yang diselenggarakan pada 26 Juli 2024 – 11 Agustus 2024 dengan kemenangan di semifinal. Jepang memastikan tempat mereka di Grup D bersama Paraguay, Mali, dan Israel. Sementara itu, Uzbekistan akan berada di Grup C bersama Spanyol, Mesir, dan Republik Dominika.

Penentu Kemenangan Jepang

Tendangan gol dari pemain pengganti Yamada Fuki dan penyelamatan bagus oleh kiper Kokubo Leo Brian mengamankan gelar untuk Jepang. Pasalnya baik tim nasional Jepang dan tim nasional Uzbekistan kesulitan menciptakan peluang.

Tendangan gol dari tim nasional Jepang dicetak oleh Fuki Yamada pada menit ke-90+1. Yamada membobol gawang dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Uzbekistan nyaris menyamakan kedudukan setelah mendapat hadiah penalti. Namun tendangan Umarali Rakhmonaliev yang mengarah ke sisi kanan gawang Jepang berhasil diselamatkan kiper Leo Kokubo.

Baca juga: Intip Harga dan Spesifikasi Realme C65 sebagai HP Realme Terbaru

Susunan Pemain Timnas Jepang

Susunan pemain tim nasional Jepang di partai final dengan formasi 4-2-3-1 yaitu Leo Kokubo, Hiroki Sekine, Kota Takai, Seiji Kimura, Ayumu Ohata, Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita, Shota Fujio, Kuryu Matsuki, Kein Sato, dan Mao Hosoya. Kapten Jepang, Joel Chima Fujita, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Asia U-23 2024 menyusul kemenangan 1-0 Jepang atas Uzbekistan.

Tim nasional Jepang U-23 memiliki 12 pemain pengganti untuk pertandingan di partai final yaitu Sota Kawasaki, Fuki Yamada, Ryotaro Araki, Takashi Uchino, Yu Hirakawa, Riku Handa, Ryuya Nishio, Taishi Brandon Nozawa, Satoshi Tanaka, Kaito Suzuki, Kotaro Uchino, dan Taiki Yamada. Fuki Yamada masuk menggantikan Kein Sato dalam pertandingan tersebut.

Kemenangan Jepang juga tidak lepas dari peran staf. Staf tim nasional Jepang U-23 untuk Piala Asia AFC U23 2024 yaitu Go Oiwa sebagai kepala pelatih, Kenji Haneda sebagai asisten pelatih, Yukiya Hamano sebagai pelatih kiper, dan Yoshiharu Yano sebagai pelatih fisik.

Piala Asia U-23 AFC 2024 adalah edisi ke-6 dari Piala Asia U-23 AFC, kejuaraan sepak bola internasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia untuk tim nasional putra U-23 Asia. Piala Asia U-23 AFC 2024 diselenggarakan pada 15 April – 3 Mei 2024 di Qatar. 

Tim nasional Indonesia menduduki posisi keempat setelah gagal melawan Uzbekistan dan Irak. Tim nasional Indonesia akan bermain melawan tim nasional Guinea pada 9 Mei di pertandingan playoff untuk memperebutkan tempat terakhir di Olimpiade Paris 2024.

Lebih baru Lebih lama