Siap-Siap! Daftar Film JFF 2024 Indonesia Telah Diumumkan!

GODZILLA MINUS ONE
GODZILLA MINUS ONE (X.com/godzilla231103)


Informassa - Acara Japanese Film Festival 2024 hadir kembali di Indonesia. Acara ini kabarnya akan diadakan pada November hingga Desember 2024 di beberapa tempat yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Palembang, dan Surabaya. Berikut ini daftar film yang akan hadir dalam Japanese Film Festival 2024 Indonesia mulai dari AKIRA hingga Sleeping Man.

AKIRA (1988)

AKIRA merupakan film tahun 1988 ang disutradarai oleh OTOMO Katsuhiro dan dibintangi oleh IWATA Mitsuo, SASAKI Nozomu, KOYAMA Mami. Film ini bercerita tentang Kaneda sering menghabiskan malamnya dengan ngebut di jalanan kota, memacu motornya melawan geng saingan.

Baca juga: Rekomendasi Film Anime yang Tayang di Bioskop Juli dan Agustus 2024

Suatu malam, saat berkendara bersama gengnya, temannya, Tetsuo, tiba-tiba bertemu dengan anak kecil aneh – produk eksperimen manusia – dan terluka parah dalam kecelakaan yang terjadi. Tak lama kemudian, pasukan militer datang untuk membawa anak itu dan Tetsuo ke fasilitas penelitian militer. Kaneda nekat menyusup ke laboratorium militer itu untuk menyelamatkan Tetsuo. Tapi, serangkaian eksperimen ekstrem telah membangkitkan kekuatan baru dalam diri Tetsuo, dan sekarang ia jadi kehilangan kendali.

All The Long Nights (2024)

All The Long Nights adalah film tahun 2024 yang disutradarai oleh MIYAKE Sho dan dibintangi oleh MATSUMURA Hokuto, KAMISHIRAISHI Mone. Film ini bercerita tentang Fujisawa, yang sering tak bisa mengendalikan emosi karena PMS bulanan, meledak marah karena sesuatu yang dilakukan oleh rekan kerjanya, Yamazoe. 

Namun, Yamazoe yang terlihat tak bersemangat meskipun baru saja pindah kerja, ternyata menderita gangguan kecemasan, putus asa, lelah, dan kehilangan semangat hidup. Didukung oleh rekan kerja yang saling memahami, mereka membangun perasaan khusus, bukan teman atau kekasih, tapi lebih seperti sahabat. Tanpa disadari, mereka mulai berpikir mungkin bisa saling membantu meski tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.

GODZILLA (1954)

GODZILLA adalah film tahun 1954 yang disutradarai oleh HONDA Ishiro dan dibintangi oleh TAKARADA Akira, KOCHI Momoko. Film ini bercerita tentang Godzilla, monster dari Pulau Odo, terbangun akibat eksperimen bom atom dan hidrogen. 

Ketika ia mendarat di Tokyo, kota itu hancur dan menjadi tak berpenghuni. Apakah senjata berbahaya harus digunakan untuk melawan makhluk raksasa ini? 

GODZILLA MINUS ONE (2023)

GODZILLA MINUS ONE adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh YAMAZAKI Takashi dan dibintangi oleh KAMIKI Ryunosuke, HAMABE Minami. Film ini bercerita tentang SHIKIJIMA Koichi, seorang pilot yang merasa bersalah, menemukan kekuatan dan keberanian baru untuk melawan Godzilla yang tiba-tiba muncul. Dalam perjuangannya, ia membantu seorang wanita muda, OISHI Noriko, dan seorang anak yatim piatu yang diasuhnya.

Let's Go Karaoke! (2024)

Let's Go Karaoke! adalah film tahun 2024 yang disutradarai oleh YAMASHITA Nobuhiro dan dibintangi oleh AYANO Go, SAITO Jun. Film ini bercerita tentang Satomi yang berusia 14 tahun hanya punya satu fokus dalam pikirannya - kompetisi final sebelum dia lulus SMP. Tapi, rutinitasnya tiba-tiba kacau saat dia didekati oleh Kyoji, seorang yakuza yang menakutkan dengan permintaan yang tak biasa: “Ayo karaoke!” 

Merasa bingung dan hati-hati, Satomi akhirnya tahu kalau yakuza yang tak bisa bernyanyi ini butuh pelajaran bernyanyi agar tak kalah di kontes karaoke gengnya, dengan hukuman yang menakutkan... tato jelek yang dipilih langsung oleh bosnya! Dengan setengah hati, Satomi setuju untuk membantu Kyoji lewat serangkaian sesi karaoke, dan keduanya menjadi sahabat. 

MATCHED (2024)

MATCHED adalah film tahun 2024 yang disutradarai oleh UCHIDA Eiji dan dibintangi oleh TSUCHIYA Tao, SAKUMA Daisuke (Snow Man), KANEKO Nobuaki. Film ini bercerita tentang Rinka, seorang perencana pernikahan, dengan enggan ikut aplikasi kencan karena desakan temannya. 

Dia pun match dengan Tom, tetapi saat kencan pertama, Rinka langsung merasa ada yang tak beres. Apa yang awalnya terlihat seperti pertemuan biasa, berubah menjadi mimpi buruk: Tom mulai mengirim pesan tanpa henti, dan ia ternyata tersangka dalam kasus pembunuhan yang menargetkan pengguna aplikasi kencan yang sama dan semua korbannya adalah klien Rinka! 

Ketakutan dengan pengejaran Tom yang tak ada habisnya, Rinka mencari bantuan dari pengembang aplikasi tersebut, Kageyama, tak lama kemudian menemukan kenyamanan dalam pelukan pahlawan barunya ini. Apakah ini akhirnya kebahagiaan yang Rinka cari, atau masih ada sesuatu yang menyeramkan yang mengintai di balik bayang-bayang?

MOM, IS THAT YOU?! (2023)

MOM, IS THAT YOU?! adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh YAMADA Yoji dan dibintangi oleh YOSHINAGA Sayuri, OIZUMI Yo, NAGANO Mei. Film ini bercerita tentang manajer SDM bernama Akio merasa sangat lelah karena masalah pekerjaannya, perceraiannya yang sebentar lagi terjadi, dan hubungannya yang tegang dengan putrinya yang masih kuliah, Mai. 

Untuk mencari pelarian dari tekanan kehidupan modern, Akio memutuskan untuk mengunjungi rumah masa kecilnya di pusat kota Tokyo, tempat ibunya, Fukue tinggal. Tapi, bukannya bertemu sosok ibu yang biasa ia kenal dulu, Akio malah terkejut saat disambut oleh Fukue yang sekarang berubah dengan gaya berpakaian modis, tapi itu bukan kejutan terbesar... Fukue tampaknya sedang jatuh cinta! 

OUR SECRET DIARY (2023)

OUR SECRET DIARY adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh TAKEMURA Kentaro dan dibintangi oleh TAKAHASHI Fumiya, SAKURADA Hiyori. Film ini bercerita tentang Nozomi Kuroda menemukan surat cinta singkat di mejanya, hidupnya yang biasa-biasa saja mendadak jadi penuh kejutan. 

Pengakuan itu bukan pengakuan biasa—itu datang dari Jun Setoyama, idola sekolah dan pujaan hati banyak orang! Terkejut, bingung, dan sedikit tersanjung, Nozomi membalas dengan meninggalkan surat di kotak sepatu Setoyama, dari situ mereka memulai pertukaran catatan rahasia. 

Namun, tak lama kemudian, Nozomi menyadari kenyataan pahit: kata-kata cinta itu sebenarnya bukan untuknya, melainkan untuk sahabatnya, Erino... Diadaptasi dari novel terlaris karya IIYO Sakura, sutradara TAKEMURA Kentaro dengan penuh semangat menghidupkan kembali kisah cinta yang rumit ini, menangkap pesona romansa masa remaja yang canggung.

OUT (2023)

OUT adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh SHINAGAWA Hiroshi dan dibintangi oleh KURA Yuki, MIZUKAMI Koshi, DAIGO Kotaro. Film ini bercerita tentang IGUCHI Tatsuya yang baru 17 tahun dikenal sebagai pemimpin geng Komae. 

Setelah keluar dari penjara anak, sekarang ia berusaha memperbaiki diri. Meninggalkan kehidupannya yang kelam di Tokyo, Tatsuya memulai hidup baru di rumah bibinya. Tapi, ia harus super hati-hati—kalau sampai terlibat perkelahian lagi, ia akan berada dalam masalah besar! 

Namun, tekad Tatsuya diuji saat bertemu dengan Kaname, wakil pemimpin geng Kirihito yang terkenal di daerah itu. Meskipun Tatsuya ingin menjauh dari masalah, kecintaannya pada perkelahian membuatnya terlibat lagi dalam konflik, dan akhirnya dia semakin dekat dengan geng Kirihito, bahkan terlibat dalam perang antar-geng yang sedang panas-panasnya.

SAND LAND (2023)

SAND LAND adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh YOKOSHIMA Toshihisa dan dibintangi oleh TAMURA Mutsumi, YAMAJI Kazuhiro, Cho. Film ini bercerita tentang Sand Land adalah dunia misterius tempat iblis dan manusia bertahan hidup di padang pasir yang gersang. Dalam upaya untuk mengisi kembali pasokan air, Pangeran Iblis Beelzebub, seorang iblis bernama Thief, dan seorang manusia bernama Sheriff Rao bekerja sama dan memulai perjalanan mencari Mata Air Legendaris.

The Imaginary (2023)

The Imaginary adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh MOMOSE Yoshiyuki dan dibintangi oleh TERADA Kokoro, SUZUKI Rio, ANDO Sakura. Film ini bercerita tentang Rudger, anak lelaki tak kasatmata, yang diciptakan Amanda untuk berbagi petualangan di imajinasinya yang seru. Ketika Rudger tiba-tiba sendirian dan sampai di The Town of Imaginaries, tempat para Imajinasi yang terlupakan tinggal dan bekerja, ia menghadapi ancaman misterius.

Insomniacs after school (2023)

Insomniacs after school adalah film tahun 2023 yang disutradarai oleh IKEDA Chihiro dan dibintangi oleh MORI Nana, OKUDAIRA Daiken. Film ini bercerita tentang Ganta Nakami adalah seorang siswa baru SMA di kota Nanao, Prefektur Ishikawa. 

Dia hidup dalam depresi dan terisolasi, sementara dia tidak dapat memberitahu ayahnya, Riku, tentang insomnia yang dideritanya. Suatu hari, Ganta bertemu dengan teman sekelasnya, Isaki Magari, di observatorium sekolah. Ketika Ganta mengetahui bahwa Isaki juga menderita insomnia, mereka mulai berbagi rahasia. 

Observatorium telah menjadi tempat khusus kedua remaja yang menderita insomnia ini merasa nyaman. Namun, penggunaan observatorium tanpa izin itu terungkap. Karena menolak menyerahkan tempat itu, keduanya memutuskan untuk mendapatkan izin resmi penggunaan observatorium dengan mengembalikan klub astronomi. Mereka meminta bantuan dari teman sekelas mereka, Bu Kurashiki, guru yang bertanggung jawab atas klub astronomi, dan alumnus mereka, Shiromaru, yang pernah menjadi anggota klub tersebut.

Best Wishes to All (2024)

Best Wishes to All adalah film tahun 2024 yang disutradarai oleh SHIMOTSU Yuta dan dibintangi oleh FURUKAWA Kotone, MATSUDAI Koya. Film ini bercerita tentang siswa sekolah keperawatan mengunjungi kakek dan neneknya di pedesaan. 

Mereka menikmati reuni yang hangat, tetapi ia mulai merasa tak nyaman. Ada sesuatu yang aneh di rumah kakek dan neneknya. Suatu hari, ia menemukan fakta yang mengubah kehidupan "bahagia" sehari-harinya menjadi penuh horor.

Sleeping Man (1996)

Sleeping Man adalah film tahun 1996 yang disutradarai oleh OGURI Kohei dan dibintangi oleh Ahn Sung-ki, Christine Hakim, YAKUSHO Koji. Film ini bercerita tentang Kiyoji dan Fumi yang merawat Takuji yang tidak sadarkan diri setelah kecelakaan di gunung. Wataru, pria dengan keterbelakangan mental yang menemukan Takuji, sangat khawatir dan mengunjunginya setiap hari. 

Denjibei, seorang lansia seringkali berbincang dengan Ryu yang sangat suka dengan cerita-ceritanya. Kamimura, teman masa kecil Takuji, merasa tertarik dengan kenangan rumah lama di pegunungan. Seiring berjalannya musim, kehidupan masyarakat Hitosuji perlahan berubah.

The Japan Foundation, Jakarta menyelenggarakan Japanese Film Festival (JFF) pertama kali di Indonesia sejak tahun 2016. JFF menghadirkan film-film Jepang kepada masyarakat dunia khususnya di kawasan Asia Pasifik dengan tujuan untuk membangun pemahaman tentang Jepang lebih mendalam. Festival ini telah terselenggara di beberapa kota yaitu Jakarta, Makassar, Yogyakarta, Denpasar, Bandung, dan Surabaya. Berkat antusiasme publik yang tinggi, sejak tahun 2020 The Japan Foundation juga menginisiasi JFF ONLINE bagi audiens yang lebih luas. 

Lebih baru Lebih lama